28 Maret 2012

Kewajiban untuk memakai Jilbab bagi Muslimah

Jilbab/Hijab
Telah menjadi aturan yang telah tertulis dalam Al Qur'an untuk semua muslimah yang telah baligh, tentang kewajiban mengenakan jilbab. Ayat-ayat tersebut ada pada Al Qur'an surah Al-'Ahzab ayat 59 dan An-Nur ayat 30;
surah Al-'Ahzab ayat 59
"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Terjemahan surah Al Ahzab ayat 59)

surah An-Nur ayat 31
"Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung." (Terjemahan surah An-Nur ayat 31)
Mungkin pembaca heran, karena tidak ada kata "wajib" pada 2 ayat yang disajikan diatas. Oleh karena itu sudilah kiranya pembaca mengkaji surah An-Nur ayat 1 dibawah ini;
surah An-Nur ayat 1
(Ini adalah) satu surat yang Kami turunkan dan Kami wajibkan (menjalankan hukum-hukum yang ada di dalam)nya, dan Kami turunkan di dalamnya ayat ayat yang jelas, agar kamu selalu mengingatinya. (Terjemahan surah an-Nur ayat 1)
pada ayat tersebut dikatakan bahwa surah yang diwahyukan (surah An-Nur) tersebut hukumnya wajib dengan isi-isi yang sangat jelas agar mudah diingat.

Menggunakan Jilbab ini pun ditegaskan juga pada Hadist ; 
Dari Khalid bin Duraik, dari Aisyah Radiallahu anha Asma' binti Abu Bakar Radiallahu anhu, pernah berkunjung kepada Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wasallam memakai pakaian tipis. Maka Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wasallam berpaling dari padanya seraya bersabda: "Wahai Asma', sesungguhnya wanita apabila telah baligh, tidak benar terlihat dari padanya kecuali ini... dan ini...". Beliau memberi isyarat kepada wajah dan kedua tangannya. (H.R. Abu Dawud No. 3945; Buku IV; halaman 521)

"Aisyah Ummul Mukminun Radiallahu anha, menceritakan pada suatu hari saya pernah keluar rumah untuk menemui anak saudaraku Abdullah bin Taufalid dengan memakai perhiasan, lalu Rosululloh Sallallahu ‘alaihi wasallam marah, maka aku jawab, bukankah dia hanya anak saudaraku wahai Rosululloh? Dan beliau pun menjawab, apabila seorang wanita telhbaliqh (datang haid) tidak halal terlihat dari tubuhnya kecuali muka dan ini. Katabeliau, seraya menggenggam pergelangan tangannya dengan meninggalkan jarak satu genggaman pula dengan telapak tangan" (H.R. Ath Thabary)
Wahai muslimah, bukankah kalian telah bersyahadat pada Allah Subhanahu wa ta'ala. Oleh karena itu maka sudah menjadi konsekuensinya untuk menuruti semua perintah Allah Subhanahu wa ta'ala. Bukankah Al-Qur'an itu semuanya adalah firman Allah Subhanahu wa ta'ala yang diwahyukan pada Nabi Muhammad Sallallahu ‘alaihi wasallam untuk diteruskan kepada kita agar menjadi panutan.  Dalam setiap Sholat, muslimah selalu berkata; 
لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ اْلمُسْلِمِيْنَ
Terjemahan: "Tiada sekutu bagiNya karena dengan itu aku diperintah. Dan ketahuilah sesungguhnya aku termasuk orang-orang muslim (muslimah)"
Masihkah muslimah masih mau melalaikan ayat-ayat tersebut, sudah lupakah pada firman Allah Subhanahu wa ta'ala pada Al Qur'an surah Al-'A'raf ayat 179;
surah Al-'A'raf ayat 179
"Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai." (Terjemahan surah Al-A'raf ayat 179)
Tentunya kita semua tidak mau untuk menjadi pengisi neraka Jahanam hanya karena lalai pada ayat-ayat Allah Subhanahu wa ta'ala. Semoga kita semua menjadi umat Nabi Muhammad Sallallahu ‘alaihi wasallam yang taqwa pada Allah Subhanahu wa ta'ala. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar